Tugas dan Fungsi Kepolisian Untuk Meningkatkan Kepercayaan Publik terhadap Penegak Hukum

Elvi Alfian

Abstract


Tugas pokok dan fungsi Polri, selain sebagai pengayom masyarakat juga sebagai penegak hukum. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum di negri ini dari hari ke hari grafiknya terus mengalami penurunan. Tingkat ketidak puasan masyarakat terhadap penegakan hukum di negri ini semakin meningkat, hal ini dapat terlihat dengan jelas dari hasil survei yang dilakukan. Dan yang terpenting adalah bagaimana Polri dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga dapat diterima oleh masyarakat sehingga dapat menjaga keamanan dan ketertiban dengan memperoleh dukungan maksimal dari masyarakatTujuan penelitian ini untuk  Untuk menganalisa bagaimana tugas dan fungsi kepolisian untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap penegak hukum dan Untuk menganalisa apa yang menjadi faktor penghambat bagi kepolisian untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penegak hukum untuk meningkatkan kepercayaan publik. Penelitian hukum normatif (normative law research) menggunakan studi kasus normatif berupa produk perilaku hukum, misalnya mengkaji undang- undang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.Tugas dan Fungsi Kepolisian Sebagai Penegak Hukum Menurut UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dapat dilihat pada Pasal 2 UU No. 2 Tahun 2002 mengenai fungsi Kepolisian. Fungsi kepolisian adalah “salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan kemanan dan ketertiban masyarakat, penegak hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Faktor penghambat kepolisian dalam melaksanakan tugasnya dalam penegakan hukum yaitu : a. Faktor hukumnya sendiri; b.Faktor penegak hukum, yaitu pihak- pihak yang membentuk maupun menerapkan hukum; c.Faktor sarana atau fasilitas; d.Faktor masyarakat, yaitu lingkungan dimana hukum terasebut berlaku atau diterapkan; e. Faktor kebudayaan, yaitu sebagai hasil karya, cipta dan rasa yang didasarkan pada karsa manusia dalam pergaulan hidup.


Keywords


Tugas, Fungsi, Kepolisian, Kepercayaan publik, Penegak Hukum

Full Text:

PDF

References


Abdulkadir Muhammad. Hukum dan Penelitian Hukum. Cet. 1. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung, 2004

B. Arief Sidharta (Penerjemah). Meuwissen tentang Pengembanan Hukum, Ilmu Hukum, Teori Hukum dan Filsafat Hukum. PT Rafika Aditama. Bandung 2009.

Barda Nawawi. Bunga Rampai Kebijakan Hukum Pidana. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung. 2005.

________, Kebijakan Kriminal. Bahan Seminar. 2005.

Baringbing Simpul, RE, Mewujudkan Supremasi Hukum, Pusat Kegiatan Reformasi. Jakarta. 2001.

Kansil. C.S.T. Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta. 1992.

Liliana Tedjosaputro. Etika Profesi Notaris; Penegakan Hukum. PT Bayu Indra Grafika. Yogyakarta. 1995.

Peter Mahmud Marzuki.Penelitian Hukum. Cet 2. Kencana. Jakarta. 2008.

Ph. Visser’t Hoft. Penemuan Hukum (Judul Asli: Rechtvinding, Penerjemah B. Arief Shidarta. Laboratorium Hukum FH Universitas Parahiyangan. Bandung. 2001.

Satjipto Rahardjo. Penyelenggaraan Keadilan Dalam Masyarakat Yang Sedang Berubah, Masalah-Masalah Hukum, Nomor 1-6 Tahun X/10.

Soebroto Brotodirejo. Polri Sebagai Penegak Hukum. Sespimpol. Bandung.1989.

Soerjono Soekanto, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum. Cet Kelima.

Rajawali. Jakarta. 2004.

________, Efektivitas Hukum Dan Peranan Sanksi, Remaja Karya. Bandung. 2005

________, Hukum Acara Pidana. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. 2006.

W.J.S.Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka. Jakarta. 1985.

Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/legalitas.v12i1.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Legalitas: Jurnal Hukum Published by Program Magister Ilmu Hukum Universitas Batanghari Jambi
Adress: Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum, Program Magister Ilmu Hukum, Jl. Slamet Ryadi, Kec. Telanaipura, Broni-Jambi, Kodepos: 36122, email: legalitas.unbari[at]gmail.com

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.