PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DI KOTA JAMBI

Suzanalisa Suzanalisa

Abstract


Salah satu bentuk kekerasan yang seringkali menimpa anak ialah kekerasan seksual. Kekerasan seksual terhadap anak di Indonesia mengalami peningkatan termasuk di Kota Jambi yang mengakibatkan anak mengalami gangguan perkembangan baik secara fisik maupun secara psikologis. sehingga tujuan penulisan makalah ini untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kota Jambi dan mekanisme penggulangan dan pencegahan terjadinya tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak di Kota Jambi. Metode penelitian lebih menitikberatkan pada lebih bersifat empiris, dengan pendekatan Sosio-Legal Research. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya peningkatan kasus seksual terhadap anak di Kota Jambi adalah faktor internal dan eksternal yang berasal dari korban maupun pelaku kekerasan seksual terhadap anak. mekanisme penanggulangan dan pencegahan kekerasan seksual terhadap anak di Kota Jambi adanya keterlibatan pemerintah Kota Jambi dan semua lapisan masyarakat.


Keywords


Penanggulangan, Pencegahan, Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahid, et al. Perlindungan Kekerasan Seksual, Advokasi Atas Hak Asasi Perempuan, PT Refika Aditama, Bandung, 2001,

Sri Hayati, Dampak Kekerasan terhadap Perempuan, Penerbit Bina Aksara, Jakarta, 2000.

Soerjono Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, UI Pers, Jakarta, 2010.

Subhan, et al. Kekerasan terhadap Perempuan. Pustaka Pesantren, Yogyakarta, 2004.

Suharto, Pembangunan, Kebijakan Sosial dan Pekerjaan Sosial, Spektrum Pemikiran, Lembaga Studi Pembangunan STKS (LSPSTKS), Bandung, 1997.

Topo Santoso, Seksualitas Dan Hukum Pidana, IND.HILL-CO, Jakarta, 1997,




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/legalitas.v9i2.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Legalitas: Jurnal Hukum Published by Program Magister Ilmu Hukum Universitas Batanghari Jambi
Adress: Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum, Program Magister Ilmu Hukum, Jl. Slamet Ryadi, Kec. Telanaipura, Broni-Jambi, Kodepos: 36122, email: legalitas.unbari[at]gmail.com

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.